Tambah Asik Bersama Sesi Boot Camp ComDev PKS Jaksel

Spread the love

 IMG_8997

Ahad (24/4) pagi hingga sore, Bidang Pemberdayaan SDM dan Lembaga Profesi (BPSDMLP) DPD PKS Jakarta Selatan melanjutkan sesi Boot Camp. Sesi ini merupakan bagian dari rangkaian  acara Community Development  (ComDev) Training yang baru memasuki bulan kedua dari beberapa bulan yang direncanakan. Program ComDev  merupakan salah satu amanah munas yang juga diteruskan menjadi amanah musda PKS Jaksel pada aspek pemberdayaan masyarakat.

Acara ini merupakan lanjutan acara ComDev sebelum – sebelumnya setelah melewati fase preparation, stadium general, serta evaluasi kuisioner,  pekan ini peserta mulai memasuki fase boot camp. Fase boot camp kali ini diadakan di aula Insan Mandiri Pejaten Jakarta Selatan. Acara lanjutan boot camp kali ini dihadiri peserta 50-an orang dari seluruh wilayah Jakarta Selatan.

Pada fase boot camp, peserta dikenalkan dengan social mapping oleh Kang Idzma, juga dasar – dasar pemberdayaan yang disampaikan oleh Kang Baron. Sesi boot camp kedua ini juga mendatangkan peraih PKS Jakarta award, Pak Salim Abdullah dari Kampung Muka Ancol, Jakarta Utara. Beliau  adalah “agent of change” dilingkungannya, beliau membidani lahirnya BMT disana. Penerima manfaatnya adalah warga yang berprofesi sebagai pedagang asongan, pedagang kaki lima, pedagang sayur keliling, tukang gorengan, dan lain-lain. Kemudian panitia juga mendatangkan Kang Didi Diarsa, Vice President TDA Community Code Margonda.

Bang Rizaludin, sebagai ketua BPSDMLP DPD PKS Jakarta Selatan dihadapan peserta mengatakan bahwa,  “Program ini adalah program enabler. Kunci keberhasilan ada di saudara sekalian, oleh karenanya dituntut keaktifan mendalami dan mempraktekan ilmu yang diperoleh. Pelatihan ini juga bukan program classical semata, tetapi banyak prakteknya,  penyusunan proposal kemudian pendampingan sampai kemudian berhasil.”

Alumni ITB ini juga menambahkan, “Menyebar kebaikan membutuhkan banyak skil atau peng-khusus-an. Ada yang spesialis taklim, tabligh, manajemen kerja struktur, ada juga yang menjadi pemberdaya seperti yang diusahakan di training ini. Semua sama pentingnya, insyaAllah. Ini membutuhkan mentality switch, dari kerja bareng struktur, ke kerja yang relatif mandiri mengelola komunitas, tentu masih dalam kerangka kebersamaan.”

“Maka sekali lagi, kesungguh – kesungguhanan saudara sangat dibutuhkan di sini. Bayangkan saudara mengelola sebuah komunitas besar, saudara dituntut professional mengelolanya. InsyaAllah kebaikan akan dirasakan oleh lebih banyak lagi masyarakat,” tutup kader yang asli Betawi ini.

Hal senada juga sering diungkapkan Ketua DPD PKS Jakarta Selatan, Al Mansur Hidayatullah, “Community Development (ComDev) adalah salah satu model pendekatan pembangunan  (bottoming up approach)  yang melibatkan peran aktif masyarakat beserta sumber daya lokal yang ada.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *