PKS Jagakarsa Terus Benahi Program Posyandu Lansia

Spread the love

photo727008728103102445

Pepatah mengatakan “Kasih Orang Tua Sepanjang Jalan, Kasih Anak Sepanjang Galah” sangat tepat menggambarkan kondisi para lansia di zaman yang dikenal modern saat ini. Perhatian anak pada orang tua di usia senja semakin berkurang, apalagi pemerintah. Nasib kalangan lanjut usia (lansia) di Jakarta dari hari ke hari kian memprihatinkan, seiring dengan semakin rendahnya kepedulian masyarakat dan pemerintah. Lantaran kealpaan pemerintah dan masyarakat terhadap lansia, kini menghadirkan fenomena baru di tengah-tengah masyarakat, yakni banyak di antara mereka yang hidup tak terurus, baik dari sisi sosial maupun kesehatan.

Sabtu pagi (2/04), Kader ibu – ibu DPRa PKS Jagkarsa khususnya RT13R W06 kembali mengadakan salah satu kegiatan rutin andalannya yaitu Posyandu Lansia.  Ketua Unit Perempuan dan Ketahanan Keluarga (UPKK) Jagakarsa, Ibu Susilawati mengatakan, “Kita ingin tunjukkan bahwa kita telah berbuat sesuatu yang mulia untuk warga di sini, khususnya lansia. Kita bekerja ikhlas dan semata-mata untuk masyarakat, apapun yang terjadi kami tetap terus melayani. Ada sebelas titik posyandu lansia yang ada di kelurahan Jagakarsa yang rutin menyelenggarakan kegiatannya.”

Kegiatan Posyandu Lansia DPRa PKS Jagakarsa juga merupakan sarana silaturrahim kader setempat kepada para lansia. Acaranya kadang dibarengkan dengan agenda arisan warga, selain arisan mereka juga mendapatkan pemeriksaan standard lansia, seperti  cek tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat dan lain – lain.

“Kita tidak mengadopsi nilai barat yang apabila telah tua kemudian dititipkan di panti jompo, kita ini orang timur yang tidak menganut prinsip  habis manis sepah dibuang. Kita harus tahu bahwa lansia perasaanya tinggi,  harus sabar dalam menghadapinya. Mereka kadang tidak mampu lagi bekerja sehingga sangat butuh perhatian dari kita,” Tambah Bu Susilawati, UPKK PKS Jagakarsa.

“Kami juga berharap perhatian pemerintah daerah untuk dapat menyiapkan tempat – tempat Posyandu Lansia yang lebih baik dan lebih luas sehingga bisa memuat lansia lebih banyak di setiap kelurahan,”  tambah kader perempuan PKS yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *