Nasehat Ustadz Syukron Makmun di Acara Tarhib Ramadhan PKS Pesanggrahan

Spread the love

TARHIB RAMADHAN PKS PESANGGRAHAN

Setiap memasuki Ramadhan, umat Islam lazim menggelar kegiatan yang dinamakan dengan Tarhib Ramadhan. Sesuai namanya, tarhib berasal dari kata marhaban, yakni mengucap selamat datang kepada bulan kemuliaan, bulan Ramadhan. Ada juga yang memaknainya sebagai targhib, yakni bergembira. Menyambut Ramadhan dengan suasana riang gembira. Dan ini menjadi sikap yang dianjurkan agar menjelang Ramadhan, umat Islam diminta menyambutnya dengan penuh riang gembira. Aksi penyambutan Ramadhan dengan riang gembira ini biasanya dalam bentuk pawai, baik siang ataupun malam hari.

Sebagai partai dakwah, PKS tentu saja tidak mau membuang waktu percuma jelang Ramadhan. Seperti halnya yang dilakukan DPC PKS Pesanggrahan yang bekerja sama dengan Yayasan Bina Ummat Madani Indonesia (BUMI). Mereka mengadakan acara Tarhib Ramadhan yang bertemakan “Tingkatkan Khidmat di Bulan Penuh Rahmat”, yang berlangsung pada hari Ahad pagi (29/5) di Masjid Baiturrahman, Komplek Depsos RW 02 Bintaro, Jakarta Selatan.

Kader – kader PKS rutin mengadakan tarhib Ramadhan, acara ini dimaksudkan untuk membekali sekaligus menambah wawasan kader tentang keutamaan puasa dan diaplikasikan secara maksimal saat Ramadhan sudah tiba. Acara ini merupakan pemanasan untuk menyambut Ramadhan. PKS ingin semua warga masyarakat, dengan senang hati menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Dihadiri puluhan kader se Pesanggrahan dan masyarakat umum, acara dimulai dengan pembacaan ayat Al Qur’an, lalu sambutan dari Ketua Yayasan BUMI Bapak Suhartono. Kemudian masuk ke acara inti, yaitu taujih Tarhib Ramadhan oleh Ust. Syukron Makmun, MA. Beliau menyampaikan tentang segala makna yang terkandung dalam Al Qur’an dan hadist seputar ibadah shaum ramadhan serta manfaatnya bagi keimanan dan ketaqwaan. Seperti dalam Surat Al Baqarah : 183, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa”.

Di akhir acara ada sesi tanya jawab dari peserta seputar ibadah Ramadhan yang dilanjutkan dengan pembagian doorprize sekaligus ditutup dengan do’a.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *