Hidayat Nur Wahid Puji Sosok Sunan Gunung Jati

Spread the love

hnwWakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menyambangi Kasepuhan Cirebon. Kedatangan politikus PKS itu langsung disambut oleh Sultan Sepuh Kasepuhan Cirebon Arief Natadiningrat.

“Mudah-mudahan silaturahmi ini membawa berkah bagi kita, bangsa, dan negara. Mengucapkan terima kasih atas kunjungannya,” ujar Arief di Kasepuhan Cirebon pada Senin malam, Cirebon, Selasa (23/8/2016).

Arief mengatakan Hidayat bahwa kasepuhan memiliki sejarah peradaban yang panjang. Kasepuhan itu didirikan oleh Sunan Gunung Jati. Selain membangun kasepuhan, Sunan Gunung Jati menurut Sultan Cirebon ditugasi untuk menyebarkan Islam di Jawa bagian kulon.

Lebih lanjut dikatakan bahwa di dalam bangunan kasepuhan sudah ada sejak 600 tahun yang lalu. Bangunan keraton dan Masjid masih asli. Diterangkan bahwa kasepuhan berdiri di atas lahan seluas 25 hektare (ha).

“Semasa Gunung Jati menyebarkan Islam, tidak ada peperangan, menghormati kebudayaan masyarakat bahkan menggunakan budaya yang ada, gamelan dan untuk mensyiarkan Islam,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Hidayat mengatakan bahwa apa yang dilakukan Sunan Gunung Jati yaitu menyebarkan Islam secara damai masih relevan dengan kondisi sekarang. “Menyebarkan Islam secara damai tetapi tidak kehilangan jati diri,” ungkap Hidayat.

Menurutnya, Sunan Gunung Jati menyebarkan Islam dengan tetap mempertahankan budaya masyarakat bahkan Sunan Gunung Jati mampu menyelesaikan masalah yang ada seperti kemiskinan, kebodohan, dan ketertinggalan. Sunan Gunung Jati menyebarkan Islam sampai Banten dan Jakarta bahkan mengusir penjajah Portugis dari Sunda Kelapa. Hingga akhirnya mengganti nama Sunda Kelapa menjadi Jakarta.

“Islam disebarkan secara damai, mampu mengakomodasi segala kebaikan yang ada di masyarakat dan tetap mengkomunikasikan yang serius tetapi tetap menghadirkan damai, tidak menghadirkan konflik dan permusuhan, apalagi radikalisme dan terorisme,” tutupnya.

Sumber : MetroTVNews/23 Agustsu 2016/Gervin Nathaniel Purba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *