Hidayat Nur Wahid : Jaga Keseimbangan, Jangan Hanya ke Tiongkok

Spread the love

PhotoGrid_1449162220077

Wakil Ketua RI MPR RI Hidayat Nur Wahid menghadiri perayaan Europe Day tahun 2016. Acara tersebut berlangsung di Hotel Darmawangsa Jakarta Selatan, Senin (9/5) malam.

Turut hadir dalam acara ini, antara lain Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Perindustrian Saleh Husein serta para duta besar dan perwakilan negara-negara Eropa yang ada di Indonesia.

Menurut Hidayat, peringatan Europe Day di Indonesia menjadi bukti bahwa Indonesia mampu menghadirkan amanat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Yaitu menghadirkan dunia  yang damai, saling menghargai, dan saling bekerjasama.

Dengan begitu, dia berharap hubungan Indonesia dengan negara-negara Eropa bisa berkontribusi dalam pembangunan.

Perayaan Europe Day, menurut politikus PKS ini, seharusnya bisa menjadi Forum lobi yang efektif. Terutama bagi kementerian terkait seperti perdagangan, pendidikan, dan perindustrian.

“Kita harus tetap menjaga hubungan dengan negara-negara Eropa sekalipun hubungan Indonesia – Cina (Tiongkok, red) meningkat tajam. Ini akan berfungsi sebagai ballancing  bagi politik luar negeri,” kata Hidayat.

Indonesia, kata Hidayat memang perlu selalu menjaga keseimbangan hubungan luar negerinya, dan bukan hanya berorientasi ke Tiongkok. Meskipun, negara-negara Eropa sendiri bukan tanpa masalah tetapi negara-negara Eropa adalah komunitas negara maju dan berpengaruh bagi keberlangsungan bumi.

Sumber : JPNN/10 mei 2016/Adv/Fri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *