Bang Sani Mengajak Masyarakat Sholat Berjamaah dan Menyiapkan Ramadhan

Spread the love

bang-sani-isra-miraj

Peringatan Isra’ Mi’raj di Masjid Jami Annashiruddin RW 01 Bintaro pada hari Ahad (15/05) dihadiri oleh Triwisaksana, atau akrab disapa Bang Sani.  Bang Sani merupakan wakil ketua DPRD DKI Jakarta asal PKS yang juga merupakan warga kecamatan Pesanggrahan. Selain sebagai anggota dewan, warga juga mengenal beliau sebagai Ustadz, sehingga tidak jarang diminta mengisi ceramah atau sambutan hari – hari besar Islam.

Dalam sambutannya, Bang Sani menitikberatkan pada dua hal, yang pertama tentang pentingnya sholat berjamaah dan kedua adalah persiapan memasuki bulan Ramadhan.

Isra’ Mi’raj merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena dalam peristiwa tersebut Nabi Muhammad SAW mendapat perintah langsung kewajiban shalat lima waktu sehari semalam untuk diri dan ummatnya. Ini menunjukkan bahwa perintah shalat merupakan ibadah yang paling utama dan sangat menentukan ibadah lainnya. Shalat merupakan mi’rajnya orang-orang mukmin. Allah berfirman dalam Al Qur’an Surat Thaha ayat 14 yang artinya : “Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) disembah selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku”.

Bulan Rajab juga merupakan masa warming up agar saat memasuki Ramadhan kita sudah biasa menjalani ibadah. Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan jelang Ramadhan selama bulan Rajab. Pertama adalah persiapan ruhiyah, seperti ibadah yang harus dipersiapkan seperti perbanyak tilawah, qiyamullail, shalat fardhu bejamaah di masjid, dzikir pagi dan petang. Kemudian kedua adalah persiapan jasadiyah, seperti memeriksa kesehatan ke dokter, olah raga teratur, membersihkan rumah, makan makanan yang sehat dan bergizi. Ketiga adalah persiapan fikriyah, untuk memperoleh Ramadhan yang optimal, diperlukan bekal wawasan yang benar tentang Ramadhan. Ketika orang mau beramal Ramadhan tentulah harus mempunyai ilmu tentang Ramadhan. Cara untuk mempersiapkan ini antara lain dengan membaca berbagai bahan rujukan dan, menghadiri majelis ilmu tentang Ramadhan. Dan yang keempat adalah persiapan maaliyah (harta), bukan untuk membeli keperluan buka puasa atau hidangan lebaran, melainkan untuk shodaqoh sebanyak-banyaknya di bulan Ramadhan. Mempersiapkan harta adalah untuk melipatgandakan sedekah, karena Ramadhan pun merupakan bulan memperbanyak sedekah. Pahala bersedekah pada bulan ini berlipat ganda dibandingkan bulan-bulan biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *